CINTA DAN KASIH






Oleh: Gisela Sheryel Evendalia Swadjie

Cinta dan kasih adalah kata yang romantis. Bulan Februari selalu identik dengan hari cinta kasih. Cinta juga bersimbol dengan gambar hati berwarna merah. Cinta dapat diartikan sebagai suatu perasaan dalam diri manusia.

 

Sedangkan kasih dapat diartikan sebagai perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia yang ditunjukan melalui perbuatan terhadap orang lain. Namun apa itu arti cinta kasih yang sesungguhnya?.

 

Dalam bacaan suci, 1 Korintus 13:4-7 dengan jelas menegaskan demikian, “Kasih itu sabar, kasih itu murah hati, ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi ia bersukacita karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.”

 

Agar cinta kasih dapat dipenuhi kita harus mempunyai komitmen. Komitmen untuk sabar, murah hati, tidak cemburu, tidak sombong, tidak melakukan yang tidak sopan, tidak mencari keuntungan diri sendiri, tidak pemarah, tidak menyimpan kesalahan orang lain, percaya segala sesuatu dan sabar menunggu segala sesuatu.

 

*Gisela Sheryel Evendalia Swadjie adalah siswa kelas X I SMA Katolik Giovanni Kupang

 




Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar