INSPIRASI: MULANYA LILIN, JADILAH MATAHARI




Oleh: Theresia Jennifer Cesya Patty 


Setiap orang memiliki talentanya masing-masing. Bagaimana pun bentuknya, itu juga adalah anugerah. Talentamu itu juga salah satu anugerah yang istimewa.

 

Ada orang yang memiliki banyak talenta; musik, basket, bola kaki, akting, dan masih banyak lagi. Ada pula yang memiliki dua sampai tiga talenta, dan ada pula yang memiliki satu talenta. Tapi meskipun berbeda, satu atau dua, banyak atau sedikit, talenta itu mestinya dikembangkan terus menerus dengan tekun dan konsisten. Sebab, percuma bermimpi tapi tidak mau berjuang untuk meraih kenyataan.

 

Jadi, jangan hanya mau bermimpi jadi seorang pesepakbola hebat, penyanyi, atau aktor terkenal tanpa mau berusaha. Apa pun talentamu itu cintailah, miliki itu sepenuhnya, dan teruslah berusaha untuk membuatnya besar bersamamu.

  

Mungkin saja ada orang yang tertawa karena kamu baru saja memulainya, atau talenta yang kamu miliki itu terlihat terlalu sederhana. Tidak usah terlalu peduli pada orang lain, jalani saja seperti yang kau mau, karena apa yang kau lakukan itu akan mengarahkanmu pada tujuan istimewa (cita-citamu).

 

Dan ingat, dua kata yang selalu kau bilang, “bodoh amat” (diam) dengan komentar orang. Teruslah berjuang hingga pada saatnya kamu berhasil. Lihat saja nanti ketika kamu berhasil, mereka akan diam seribu bahasa dan mungkin saja mereka merasa kalah. Tetapi kamu yang  baik hati, bersikaplah rendah hati.  

 

Menjadi berbeda tidaklah salah, banyak orang yang takut untuk menunjukan bakat  karena takut, atau merasa insecure terhadap bakat orang lain , "aku ingin seperti dia", "aku cemburu pada kemampuannya", "aku hanya bisa setengah dari bakatnya".

 

Berhentilah membandingkan dirimu dengan orang lain. Itu tidak akan membuatmu maju. Kata-kata tersebut justru adalah jeruji besi yang menghalangimu untuk maju mencapai cita-cita. Mulai saja dulu diam-diam. Nyalakan cahaya semangatmu. Seperti lilin, perlahan tapi pasti akan menerangi seisi ruang kamarmu. Siapa tahu suatu hari nanti kamu menjadi seperti matahari yang menyinari seisi dunia.

Jadi, ayo bangkit dari keraguan dan ketakutanmu itu. Masih ada hal yang jauh lebih indah untuk dikejar, tetapi bukan “si dia”, melainkan cita-citamu. Tidak ada kata terlambat bagi mereka yang mempunyai tekad.

 

Hari ini juga, mulailah dari langkah pertama. Langkahmu itulah yang akan menjadi tangga kesuksesan menuju cita-citamu yang cemerlang. Semua orang juga dalam perjalanan menuju tujuan mereka. Memang, akan ada saatnya kamu lelah dan hampir mau menyerah. Tapi ingat, kata orang bijak, “lelah boleh, menyerah jangan”. Jadi jangan pernah menyerah hanya karena kamu lelah.  

 

Tidak mengapa, sejenak istirahat dan refleksi sebentar, tapi jangan pernah menyerah berjuanglah kamu bisa melakukannya.

 

Seperti bunga-bunga yang tumbuh di halaman rumah atau di taman  sekolahmu itu, begitu banyak tapi berbeda bentuk, warna, dan aromanya. Dan kamu adalah salah satu diantaranya yang paling indah dan harum. Memikat hati dan mata. Jadi teruslah indah dan harum dengan bakatmu itu.

Never give up!!



BIODATA PENULIS

Nama : Theresia Jennifer Cesya Patty 

Kelas : X H

TTL : Kupang, 26 Januari 2007

Agama : Katolik

Hobi : Menggambar, Menari,dan Memasak

Cita-cita : Arsitek

 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar