VALENTINE DAY: CINTA ITU PENGORBANAN



 Oleh: Reynard A.Koenunu


Hari ini sebagian besar dari kita merayakan hari kasih sayang. Ini merupakan hari yang kita dedikasikan untuk menunjukkan rasa penghargaan kita terhadap kasih sayang dari orang terdekat kita, entah itu pacar, teman, orang tua dan sesama yang lainya.


Orang sering kali mengidentikan, cinta itu berkaitan dengan pacaran, kasih sesama teman, kasih dari orang tua dan sebagainya. Tetapi cinta lebih dari itu. 


Dari berbagai aspek cinta yang ada, ada satu hal yang kelihatannya sepele namun menjadi dasar dari cinta, yaitu pengorbanan. Pengorbanan bagi cinta adalah seperti bahan bakar bagi mobil. Kalau mobil tidak diisi dengan bahan bakar, tak mungkin ia dapat bergerak.


Demikian pula dengan cinta itu, tanpa pengorbanan itu semua adalah cinta yang mati, yang sia sia. Seorang ibu pasti rela bangun tengah malam untuk mengurus anaknya yang sakit. Ia bisa saja tetap tidur, namun karena rasa cinta terhadap anaknya, dia rela mengorbankan waktu dan tenaganya untuk mengurus anaknya.


Teman dan sahabat yang sejati rela mengorbankan waktu mereka untuk selalu bersama kita, karena rasa cintanya pada kita. Dengan alasan yang sama Kristus rela mati bagi dunia. 


Jangan hanya pada valentine saja kita merayakan dan mengapresiasi cinta itu, tapi tunjukkan dan perlihatkan cinta itu setiap hari, karena cinta adalah kuasa yang menggerakkan kehidupan. 

"Tak ada kasih tanpa pengorbanan"


 *Reynard A. Koenunu adalah siswa SMA Katolik Giovanni Kupang

 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar