HILANGKAN AMBISI, BERSERAHLAH KEPADA TUHAN



 

Oleh: Angelica Alva Concheinta Guntur


Mengandalkan Tuhan dalam setiap situasi dan kondisi, pertanda bahwa kamu seorang yang percaya akan kehadiraan Allah serta Kerajaan Allah itu sendiri.

Jikalau kamu percaya maka hal itu akan terjadi, janganlah kamu bimbang akan hasil yang kamu peroleh ketika kamu mengandalkan Tuhan didalamnnya. 


Saya sendiri pernah mengalami hal yang membuat saya yakin ketika melakukan sesuatu dengan mengandalkan Tuhan maka, kamu akan memperoleh hasil yang diinginkan.


Sekilas cerita saja, saat saya mengikuti pertandingan Kempo Sedaratan Flores, saya merasa minder merasa tidak pantas untuk bertanding, karena dulunya setiap mengikuti kompetisi saya selalu memperoleh hasil yang jauh dari ekspetasi dengan kata lain adalah kalah dalam kompetisi tersebut.  


Namun dengan segala usaha dan ketekunan, saya berdoa kepada Tuhan melalui perantara Putra-Nya Yesus kristus, dan saya yakin jika saya mengandalkan Tuhan Yesus maka tak akan ada yang mustahil.  


Pada saat itu saya masuk untuk bertanding ke final, di situ saya pasrah karena lawan saya sudah sering memenangkan beberapa kompetisi yang dilaksanakan, ditengah keputusaan itu, saya kembali berdoa kepada yesus dan berkata "Tuhan jika engkau berkehendak maka akan terjadi".   


Tidak ada unsur ambisi yang ada dalam diri saya pada saat itu, namun karena Tuhan berkehendak maka saya dapat meraih gelar juara (satu) dalam kompetisi tersebut. Saya sangat bahagia dan bersyukur atas kemenangan saya waktu itu.


Dan makna yang bisa saya petik adalah, ketika saya mengandalkan Tuhan dalam hal apapun, ketika Tuhan berkehendak maka akan terjadi. Segala usaha dan doa akan dan semangat pantang menyerah akan membawakan kesempatan kepada saya untuk jadi seorang pemenang. 


Rasul Paulus dalam Suratnya kepada Jemaat Di Filipi, yang berbunyi demikian: "Janganlah hendaknnya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah juga dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. " (Filipi 4:6).


*Angelica Alva Concheinta Guntur adalah siswi kelas X I SMA Katolik Giovanni Kupang

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar